Cara Mendaftar Google Webmaster Bagi Pemula (Newbie)

Google Webmaster Tools
Ketelitian barangkali akan menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan peringkat blog pada hasil pencarian di search engine seperti Google. Cara ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak tips SEO. Yaitu mendaftarkan Blog ke Google. Optimisasi ini penting dilakukan tujuannya agar setiap halaman yang ada di dalam blog lebih cepat terindexs oleh mesin pencari Google.

Artikel ini tujuannya khusus saya buat untuk para blogger pemula yang baru saja terjun blogging dan ingin belajar bagaimana cara membuat blog. Apakah itu belajar membuat blog gratisan seperti di blogspot, wordpress, ataupun membuat website dengan domain sendiri. Jadi setelah anda membuat blog, kemudian daftarkan blog ke Google Webmaster Tool. Saya akan coba menjelaskan langkah untuk mendaftarkan blog ke Google secara lengkap seperti berikut ini.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster tool

Pertama silahkan login untuk memulai langkah awal silahkan klik disini Google Webmaster Tool

Pada halaman ini jika ini adalah pertamakalinya anda masuk ke Google Webmaster Tool maka akan tampak seperti pada gambar penjelas di atas.


  • Pada kotak ADD A SITE silahkan masukan alamat URL blog yang akan di daftarkan, lalu kik ADD A SITE, seperti pada gambar di atas.
  • Selanjutnya klik icon gerigi (pengaturan) disebelah pojok kanan atas, lalu pilih menu verification details, seperti gambar di bawah ini.



  • Anda akan dibawa ke halaman verifikasi.

  • kemudian klik Verify using a different method.

  • Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman pilihan verifikasi blog, nah, untuk blog pilih opsi HTML Tag.
  • Lalu salin kode di atas pada panah no 2.
  • Copy kode tersebut, kemudian anda buka blog sobat untuk menyimpan kode tersebut di template blog sobat, untuk penempatan kode di bawahnya kode <head>, untuk mempercepat pencarian kode, sobat tinggal ketik Ctrl + F secara bersamaan, kemudian ketik kode <head> terus tinggal enter.
  • Setelah kode ditempatkan, sobat tinggal menyimpannya.
  • Langkah selanjutnya adalah verify untuk verifikasi blog sobat di google webmaster tools.
  • Selesai, blog sobat sudah terkoneksi dengan google webmaster

Kalau masih bingung, sobat tinggal bertanya di kolom komentar.

Semoga tulisan dan penjelasan tentang bagaimana cara mendaftarkan Blog ke Google Webmaster tool bisa dipahami dan bisa membantu para rekan blogger pemula. Seperti yang saya sebutkan tadi, bahawa mendaftarkan blog ke Google itu penting, agar semua halaman pada blog anda bisa lebih cepat terindex di search engine Google.

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...