Tentang Teknik dan Ilmu Komputer

semua-tentang-teknik.blogspot.co.id
animasi teknik komputer

Ilmu Komputer adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komputer, baik dari segi Hardware maupun Softwarenya. Bagi yang berminat di bidang Hardware lebih baik mengambil jurusan Teknik Komputer, sedangkan bagi yang lebih berminat pada bidang software dapat memperdalam di jurusan Teknik Informatika. Di Teknik Informatika akan diajarkan bahasa pemrograman seperti PASCAL, HTML, JAVA, C, C++, VB, PHP, CSS, dll.

Kalau menurut Wikipedia


Ilmu komputer
(bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementarateknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.


Kalau menurut Fasilkom UI



Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya. Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.


Yang kedua adalah Teknik Komputer.


semua-tentang-teknik.blogspot.co.idTeknik Komputer lebih concern ke hardwarenya, jadi seperti merakit komputer atau membuat jaringan. Jadi mengimplementasikan antara software dan hardware. Salah satu hal yang diajarkan juga adalah membuat program yang diaplikasikan ke hardware. Kita membuat program atau sistem canggih biar suatu barang elektronika bisa jalan. Misalnya adalah robot, yang design robot bukan kita, yang bikin robot bukan kita, tapi kitalah yang membuat robot itu berjalan karena kita yang membuat program/otaknya.

Menurut Wikipedia

Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya.


Lulusan Teknik Komputer akan mampu mengoperasikan dan mengembangkan pemanfaatan produk teknologi informasi, khususnya produk perangkat lunak, membuat program aplikasi skala kecil dan menengah, mengelola siklus hidup suatu perangkat lunak, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi berbasis komputer, mengelola pusat komputasi termasuk aspek manajemen data, administrasi data, kontrol pelaksanaan prosedur dan aliran informasi; mampu berkomunikasi formal dengan stakeholder dan memiliki wawasan tentang kecenderungan aplikasi informatika dan teknologi.


Itulah penjelasan yang didapat dari berbagai sumber di internet. Untuk informasi lebih lengkap dan jelasnya mungkin bisa dengan mengunjungi website universitas/kampus yang diinginkan lalu lihat mata kuliahnya. Atau dengan menanyakan langsung ke mahasiswa yang pernah kuliah di jurusan tersebut.


No comments:

Post a Comment

loading...
loading...